Benteng Kedung Cowek Surabaya Akan Dibuka untuk Wisata

Bungker di Benteng Kedung Cowek Surabaya.(Bisnis/Peni Widarti)
21 April 2018 15:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Benteng Kedung Cowek atau bekas gudang peluru yang berada di Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur, akan dijadikan sebagai destinasi wisata bungker di Kota Pahlawan. Plt Kepala Dinas Pariwisata Surabaya Irvan Widyanto mengatakan rencana pengembangan wisata bungker akan menggandeng Kodam V Brawijaya.

"Sebenarnya sebagian besar warga Surabaya sudah tahu kalau di sana itu ada gudang penyimpanan peluru. Namun, dulu tidak bisa masuk karena dijaga oleh TNI, sehingga tidak semua orang bisa memasuki benteng itu," katanya menjelaskan soal destinasi wisata Surabaya dalam rilis yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI, Kamis (19/4/2018).

Irvan Widyanto menjelaskan setidaknya ada sembilan benteng atau bungker di Benteng Kedung Cowek yang merupakan bekas peninggalan Belanda. Benteng yang letaknya tak jauh dari gerbang tol masuk jembatan Suramadu itu masih terlihat kokoh dengan bangunan cor tebal. Lumut yang mulai menghitam juga menghiasi bangunan tersebut.

"Nah bagaimana itu nanti bisa menjadi destinasi wisata baru di Surabaya, itu perlu dipikirkan bersama-sama. Sebab, ini bukan hanya tugas Dinas Pariwisata, tapi juga tugas semua stakeholder,” kata Irvan yang juga menjabat sebagai Kasatpol PP.

Irvan Widyanto menambahkan beberapa ruangan di benteng tersebut juga sangat gelap meskipun siang hari sehingga banyak kelelawar menghuni benteng tersebut.

“Saat ini kami memang tengah fokus untuk menggali potensi destinasi wisata baru di Surabaya, jika sudah ada gambaran, maka akan dikoordinasikan untuk sama-sama membangun atau menghidupkannya,” kata dia.

Tokopedia