Puluhan Pelajar Kota Madiun Dipilih Jadi Kader Kesehatan

21 April 2018 13:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN-- Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kota Madiun membentuk kader kesehatan di sekolah sebagai upaya menanamkan perilaku hidup sehat sejak dini. Pembentukan kader kesehatan dilakukan dengan menggelar Lomba Kader Kesehatan Sekolah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Heri Ilyus di Madiun, Jumat (20/4/2018), mengatakan total peserta yang mengikuti lomba kader kesehatan mencapai 67 siswa berprestasi. Rinciannya, 22 siswa SD, 19 siswa SMP, dan 15 siswa SMA/sederajat.

"Kader kesehatan dipilih oleh pihak sekolah melalui program Unit Kesehatan Sekolah (UKS)," ujar  dia.

Heri Ilyus menambahkan peserta lomba kader kesehatan Kota Madiun mendapat pembekalan pendidikan kesehatan. Khususnya, tentang UKS dan kesehatan reproduksi remaja. Selain itu, juga ada materi penundaan perkawinan.

Tak hanya itu, para peserta lomba kader kesehatan Kota Madiun juga harus mengikuti tes tulis dan pemeriksaan kesehatan oleh tim juri. Salah satunya tes fungsi panca indra.

Heri Ilyus menjelaskan pihaknya berharap perilaku sehat dari pelajar yang mengikuti lomba kader kesehatan Kota Madiun dapat dicontoh oleh teman-temannya. Juga, masyarakat di lingkungan sekitar sekolah dan keluarga.

"Sebab, perilaku hidup sehat akan berimbas kepada sekelilingnya. Jadi harus dibentuk sejak dini," imbuh Heri Ilyus.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut adalah upaya untuk peningkatan kesehatan sekolah. Yakni, dengan cara mendekatkan siswa pada pendidikan kesehatan sebagai aplikasi dari kegiatan UKS.

Sumber : Antara