Siaga Bencana, Warga Kota Madiun Bersihkan Sungai

Sejumlah sukarelawan membersihkan sungai di Kelurahan Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jumat (20/4 - 2018). (Istimewa/Pemkot Madiun)
21 April 2018 04:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Puluhan sukarelawan membersihkan sungai di Kelurahan Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jumat (20/4/2018) pagi. Kegiatan bersih-bersih sungai ini untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi, puluhan orang terlihat membersihkan sungai Pilangbango. Kotoran yang menyangkut di aliran sungai sampai rumput yang berada di pinggir sungai dibersihkan.

Pj. Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto mengatakan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional diperingati setiap 26 April. Tujuannya melatih masyarakat terkait kesiapsiagaan bencana yang bisa terjadi kapan saja.

"Tidak ada yang mengharap adanya bencana. Namun, antisipasi dam kesiapan wajib terus dilakukan," jelas dia saat Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Madiun  di Lapangan Pilangbango.

Dia menyampaikan anitisipasi bencana serta kerugian yang ditimbulkan menjadi tanggung jawab bersama seluruh warga Madiun. ‘’Kesepakatan prabencana perlu melibatkan semua pihak. Ini penting agar lebih siap menghadapi situasi darurat bencana secara bersama-sama,’’ jelas dia.

Rusdiyanto mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap bencana alam yang bisa terjadi kapan saja. Pembekalan kesiapan ini harus dilakukan secara terus menerus. Pengambilan keputusan yang tepat saat terjadi bencana bisa meminimalkan kerugian materi maupun korban jiwa.

Kerja bakti bersih-bersih sungai dilakukan untuk menjaga lingkungan serta sebagai wujud dari kesiapsiagaan bencana.