Pencurian Madiun: SDN 02 Winongo Kemalingan, Dindik Kota Madiun Akan Beli Kamera CCTV

Guru kelas III SDN 02 Winongo, Kota Madiun, Agus Sujoko, menunjukkan lokasi ruang komputer yang dibobol maling, Jumat (13/4/2018) - Madiunpos.com/Abdul Jalil
17 April 2018 17:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun berencana membeli kamera CCTV untuk memperketat pengamanan di 56 SD Negeri se-Kota Madiun. Kamera CCTV ini untuk pengamanan sekolah dari tindakan kejahatan.

Rencana pembelian kamera CCTV muncul setelah adanya peristiwa pencurian 15 unit komputer di SDN 02 Winongo beberapa waktu lalu. Sebagian besar SDN di Kota Madiun belum memiliki kamera CCTV.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana, mengatakan seluruh petugas kebersihan dan penjaga sekolah sudah dikumpulkan terkait perubahan mekanisme penjagaan sekolah. Selama ini, ada sebagian penjaga sekolah yang menjaga hanya sampai pukul 00.00 WIB setelah itu ditinggal pulang. Padahal saat ini setiap sekolah memiliki belasan unit komputer yang perlu diawasi.

"Kami meminta untuk penjaga sekolah dan petugas kebersihan untuk meningkatkan kewaspadaan. Kami meminta kepada penjaga sekolah untuk tidak meninggalkan sekolah. Pada saat sekolah kosong sampai pagi hari," jelas dia saat ditemui di Dinas Pendidikan Kota Madiun, Selasa (17/4/2018).

Dia menyampaikan penjaga sekolah dan petugas kebersihan secara bergantian menjaga sekolah 24 jam. Untuk memastikan sekolah aman dan peristiwa yang terjadi di SDN 02 Winongo tidak terulang.

Heri menuturkan selain itu seluruh penerangan di sekolah harus nyala dan terang. Dia memerintahkan pihak sekolah untuk mengganti penerangan yang sudah mati. Hal ini supaya setiap ada orang yang berkeliaran di sekolah bisa terlihat.

"Pengamanan kunci pintu dan jendela juga harus bagus. Supaya tidak mudah dijebol orang," jelas dia.

Lebih lanjut, kepala sekolah juga mengusulkan untuk pengadaan kamera CCTV. Saat ini dinas masih menggodok usulan tersebut dan melihat kebutuhannya. Namun, pihaknya belum mengetahui berapa kebutuhan kamera CCTV untuk ditempatkan di setiap sekolah.

"Yang jelas saat ini sudah ada sekolah yang memasang kamera CCTV. Untuk jumlahnya berapa saya kurang tahu," jelas dia.

Mengenai pengadaan kamera CCTV, ujar Heri, disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Kalau memang kebutuhan mendesak pada anggaran perubahan akan diusulkan pengadaan kamera CCTV ini.