Pencurian Ponorogo: Petani Ngrayun Ditangkap Polisi Gara-Gara Curi Pohon Pinus

Borgol (id.gofreedownload.net)
16 April 2018 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Petani asal Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, bernama Jemali, ditangkap polisi karena diduga mencuri belasan kayu milik Perhutani di hutan RPH Ngrayun. Kepada polisi, Jemali mengaku terpaksa mencuri kayu untuk memperbaiki kandang kambing dan dapur rumah.

Kapolsek Ngrayun, AKP Sutriatno, mengatakan Jemali ditangkap petugas pada Kamis (12/4/2018). Penangkapan ini berdasarkan informasi warga mengenai ditemukannya belasan batang pohon pinus yang ada di rumah Jemali.

"Setelah mendapatkan informasi itu. Polisi kemudian mengecek ke tempat yang ditunjukkan warga. Ternyata benar ada sejumlah kayu yang diduga hasil curian di rumah Jemali," kata dia, Senin (16/4/2018).

Kepada polisi, Jemali mengaku pohon pinus tersebut ditebang dari kawasan hutan petak RPH Ngrayun. Pelaku mengaku terpaksa mengambil kayu dari Perhutani untuk membuat kandang kambing dan memperbaiki dapur rumah.

Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti berupa 17 gelondong kayu pinus dan satu unit gergaji berukuran 110 cm dibawa ke Mapolsek Ngrayun untuk diperiksa. Pelaku akan dijerat Pasal 82 ayat (1) huruf b dan c Pasal 83 ayat (1) huruf b UU No. 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. 

Tokopedia