Pilkada 2018: KPU Kota Madiun "Kerahkan" Ketua RT untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih

Seribuan ketua RT se-Kota Madiun mengikuti sosialisasi Pilkada 2018 di Asrama Haji setempat, Senin (16/4/2018) - Madiunpos.com/Abdul Jalil
16 April 2018 17:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun menaruh harapan besar kepada ketua RT untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2018. Hal itu karena ketua RT dianggap lebih dekat dengan masyarakat.

"KPU memberikan sosialisasi tentang Pilkada kepada ketua RT se-Kota Madiun. Ini supaya bisa mengena ke masyarakat,"  jelas Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, kepada wartawan sesuai sosialisasi di Asrama Haji setempat, Senin (16/4/2018).

Dia menuturkan ada seribuan ketua RT yang mengikuti sosialisasi. Dalam sosialisasi itu pihaknya memberikan gambaran teknis tentang Pilkada kepada masyarakat. Sehingga apa saja persyaratan yang harus dibawa saat ke tempat pemungutan suara. Seperti KTP elektronik maupun surat keterangan bagi warga yang belum memiliki KTP elektronik.

Sasongko meminta kepada ketua RT untuk bisa menyosialisasikan Pilkada ini saat kegiatan pertemuan maupun arisan RT. Tujuannya supaya tingkat partisipasi pemilih di Kota Madiun bisa melebihi target yaitu 75%.

Lebih lanjut, saat ini tahapan di Pilkada Kota Madiun yaitu proses perbaikan DPS hasil perbaikan. KPU akan menggelar rapat pleno untuk perbaikan DPS dan penetapan daftar pemilih tetap pada 18 April mendatang.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, berharap partisipasi pemilih di Kota Madiun terus bertambah pada Pilkada nanti. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lupa menggunakan hak pilihnya saat pemilihan wali kota untuk lima tahun mendatang.

"RT ini punya peran untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Mereka bertugas untuk mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya," ujar dia.