Lebaran 2018: Stasiun Madiun Layani Pendaftaran Angkutan Sepeda Motor Gratis

Ilustrasi kereta api (Kai.id)
16 April 2018 13:05 WIB Antara Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pendaftaran angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api pada perayaan Lebaran 2018 bisa dilakukan di Stasiun Madiun, Jawa Timur. Hal itu untuk memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik dan balik secara aman.

"Telah disiapkan posko pendaftaran oleh Kementerian Perhubungan di masing-masing stasiun yang disinggahi, termasuk Stasiun Madiun. Jadi manfaatkan kesempatan ini," ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daops VII Madiun Supriyanto di Madiun, Sabtu (14/4/2018).

Adapun, pendaftaran sepeda motor (bukan penumpang) secara daring dimulai sejak tanggal 9 Februari 2018 sampai dengan 24 Juni 2018. Pendaftaran dibagi dalam dua tahap. Tahap I dimulai tanggal 9 Februari sampai dengan 9 Mei 2018 dan tahap II dimulai tanggal 9 Mei 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.

"Angkutan motor gratis ini diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, lewat Ditjen Perkeretaapian dan bekerja sama dengan PT KAI," kata dia.

Untuk perjalanan balik, lanjut Supriyanto, pendaftaran dilakukan tanggal 9 Mei 2018 sampai dengan 24 Juni 2018 di stasiun persinggahan KA Motor Gratis (Motis) di daerah. "Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi," katanya.

Sedangkan kapasitas angkut berdasarkan jumlah kereta, dengan catatan satu gerbong kereta barang motor gratis bisa memuat 58 unit sepeda motor.

"Dengan satu rangkaian perjalanan kereta api terdiri delapan gerbong total motor yang bisa diangkut mencapai sebanyak 464 motor," katanya.

Dia menegaskan masyarakat yang ingin menikmati layanan motor gratis selama masa angkutan Lebaran, dapat mendaftar di posko yang telah disediakan di Stasiun Madiun dengan menyetujui sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan.

Supriyanto menambahkan terdapat sejumlah stasiun tujuan pengiriman motor di Daerah Operasi VII Madiun. Antara lain di Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, dan Stasiun Blitar.

Tokopedia