PT Inka Garap 31 Trainset LRT Jabodebek Senilai Rp3,9 Triliun

Pekerja PT Inka sedang mengerjakan interior kereta LRT yang akan dikirim ke Palembang, Selasa (10/4/2018). (Abdul Jalil - Madiunpos.com)
13 April 2018 02:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Setelah mendapatkan megaproyek pembuatan kereta light rail transit (LRT) Palembang senilai Rp40 miliar, kini PT Industri Kereta Api (Inka) mendapat proyek pembuatan LRT Jabodebek senilai Rp3,9 triliun.

Senior Manager Secretary Public Relation & CSR PT Inka, Cholik Mochamad Zam Zam, mengatakan pada awal 2018, PT Inka kembali dipercaya pemerintah membuat LRT. Proyek LRT ini untuk mendukung moda transportasi kereta di wilayah Jabodebek.

Cholik menyampaikan pemerintah memesan LRT Jabodebek di Inka sebanyak 31 trainset. Nilai kontraknya mencapai Rp3,9 triliun. "Awal tahun ini mulai kontrak. Pengadaan kereta sebanyak 31 trainset LRT," jelas dia kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (10/4/2018).

Dia menyampaikan pengerjaan proyek LRT Jabodebek ini sudah dimulai. Sampai akhir 2018 ditargetkan 35% dari seluruh pekerjaan sudah terselesaikan dan sudah dikirim. Selanjutnya, pembuatan kereta LRT ini akan secara bertahap hingga selesai pada 2019.

Jenis kereta LRT Jabodebek ini tidak jauh berbeda dibanding LRT Palembang. LRT Jabodebek dilengkapi AC dan dipasang kaca jendela dari jenis safety glass dan dilaminasi anti UV 60% sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung.

Pada awal April ini, PT Inka telah mengirim dua trainset LRT ke Palembang untuk mendukung event Asian Games. Pengiriman tahap kedua yaitu dua trainset LRT pada Mei besok. Sedangkan pengiriman empat trainset LRT akan dilakukan secara bertahap pada Juni mendatang.



Tokopedia