2 Komputer Peserta UNBK Kota Madiun Sempat Tak Bisa Tampilkan Soal

Suasana MAN 2 Kota Madiun pada hari kedua UNBK, Selasa (10/4/2018). (Abdul Jalil - Madiunpos.com)
10 April 2018 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 2 Kota Madiun sempat terkendala pada hari kedua, Selasa (10/4/2018). Soal ujian di dua komputer peserta tidak bisa terbaca dan soal ujian ada yang hilang.

Hari kedua UNBK itu untuk mata pelajaran Matematika. Peserta UNBK MAN 2 Kota Madiun, Difa Hasna, mengatakan ada satu soal yang tidak muncul secara terperinci pertanyaannya. Ada sebagian angka di pertanyaan yang tidak muncul.

Kondisi ini membuat dirinya kesusahan untuk menjawab soal hingga akhirnya ia memutuskan menjawab ngawur. "Tadi saya jawabnya sembarang. Hla pertanyaannya enggak lengkap. Hanya satu soal saja yang enggak lengkap," ujar siswi kelas XII IPA 1 ini.

Petugas UNBK MAN 2 Kota Madiun, Agus Romadhon, mengatakan pada hari kedua pelaksanaan UNBK ada kendala di dua komputer peserta ujian. Dua komputer tersebut tidak bisa menampilkan soal ujian Matematika.

"Ada dua komputer peserta yang pertanyaannya tidak keluar. Di sesi pertama pelajaran Matematika," jelas dia saat ditemui di MAN 2 Kota Madiun, Selasa.

Dia kemudian melaporkan hal itu ke panitia UNBK nasional. Setelah itu, panitia dari Kemendikbud memintanya untuk melakukan refresh di dua komputer yang tidak bisa menampilkan soal.

"Setelah dilakukan refresh di dua komputer itu sudah berhasil dan pertanyaan di dua komputer itu sudah tampil kembali," jelas dia.

Agus menuturkan permasalahan mengenai komputer peserta ini baru terjadi pada hari kedua. Pada hari pertama pelaksanaan ujian tidak mengalami kendala apa pun.

Peserta UNBK di MAN 2 Kota Madiun ada 373 siswa. Di MAN 2 ada lima laboratorium komputer yang digunakan untuk UNBK. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan UNBK di sekolah ini.