Wisata Kediri: Taman Brantas Segera Diperluas dan Ditambahi Fasilitas

Warga berada di Taman Brantas Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (8/4 - 2018). (Antara/Prasetia Fauzani)
10 April 2018 19:05 WIB Antara Madiun Share :

Madiunpos.com, KEDIRI-- Ruang terbuka hijau (RTH) Taman Brantas, Kota Kediri, akan segera diperluas dan dilengkapi dengan beragam fasilitas yang diperuntukkan bagi masyarakat. Taman Brantas adalah salah satu landmark Kota Kediri untuk mendukung pembangunan dan tagline Kediri the service city atau Kediri sebagai kota jasa.

Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi di Kediri, Minggu (8/4/2018), mengatakan pembangunan RTH Taman Brantas Kediri selama ini masih memanfaatkan APBD Kota Kediri. "Target 900 meter dan tentu kami bicara dengan berbagai pihak. Untuk membangun kan juga perlu uang, perlu regulasi tentang APBD nanti dibicarakan dengan DPR," kata

Dia menambahkan beberapa pembangunan infrastruktur lainnya juga segera diselesaikan, salah satunya pembangunan jembatan brawijaya yang menghubungkan Kediri bagian timur dan barat. Ketika pembangunan sudah selesai, tentunya bisa membawa manfaat.

Dia menambahkan berdasarkan informasi yang diterima, rencananya di Kabupaten Kediri dibangun bandara serta tol yang menghubungkan Kediri-Tulungagung. "Ketika bisa nyambung, apakah dari Juanda atau dari rencana bandara di Kabupaten Kediri yang akan dibangun, tentu harus disiapkan semua layanan yang akan dibutuhkan orang yang akan berkunjung," kata dia.

Jumadi berharap dengan adanya RTH Taman Brantas Kediri tersebut, ke depan bisa menambah jumlah orang yang berkunjung ke Kota Kediri. Bahkan, ia tertarik ke depan akan diadakan festival brantas. Dengan itu, ke depan Kediri juga diharapkan bisa jadi pusat jasa Jatim bagian barat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkot Kediri Sunyata menambahkan pembangunan Taman Brantas sudah sesuai dengan aturan. Pembangunan juga sebagai bagian dari menambah RTH di Kota Kediri.

Untuk pembangunan, ia menyebut masih tahap pertama. Sesuai rencana awal dibangun 900 meter, dan saat ini masih 210 meter. Diharapkan, untuk pembangunan ke depan juga akan mengajukan anggaran ke pusat.

"Mudah-mudahan dengan penambahan ini, harapan kami bisa melayani masyarakat Kota Kediri untuk tempat bermain, fasilitas komunitas BMX, Skate board, jogging track. Demi kelanjutan pembangunan, diperlukan biaya yang besar ada kucuran dana dari pusat dan provinsi, sebab APBD belum bisa menjangkau sepenuhnya," kata dia. 

Sumber : Antara