PT Inka Madiun Baru Rampungkan 2 Trainset LRT untuk Asian Games 2018 di Palembang

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono, mengecek kondisi Depo KAI di Kota Madiun, Kamis (5/4/2018). (Madiunpos.com - Abdul Jalil)
05 April 2018 21:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun baru merampungkan dua dari delapan trainset kereta Light Rapid Transit (LRT) Palembang. Dua trainset LRT tersebut akan dikirim ke Palembang pada April 2018 ini.

Berarti saat ini masih ada enam trainset LRT Palembang yang belum dirampungkan PT Inka sebagai pemegang proyek senilai Rp388 miliar itu.

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono, saat melakukan kunjungan kerja di PT Inka, Kota Madiun, Kamis (5/4/2018) siang, mengatakan PT Inka baru menyelesaikan dua trainset LRT yang akan digunakan untuk event internasional Asian Games di Palembang. Bambang meminta PT Inka segera merampungkan enam trainset yang masih dalam proses pengerjaan.

"Harusnya bulan April ini, delapan trainset LRT ini sudah selesai. Saya meminta Inka bisa memenuhinya. Apalagi pengiriman kereta ini butuh waktu sekitar sebulan untuk menurunkan maupun mengangkutnya sampai ke Palembang. Padahal Agustus sudah harus dioperasikan untuk Asian Games," terang dia kepada wartawan di Kota Madiun, Kamis.

Politikus Partai Gerindra itu meminta kepada PT Inka Madiun untuk mengecek lagi dua rangkaian LRT yang akan dikirim ke Palembang. Hal itu supaya kereta LRT tidak bermasalah saat dioperasikan untuk ajang Asian Games nanti.

Saat memantau di pabrik kereta api pelat merah itu, Bambang menilai dua rangkaian LRT sudah siap dikirim. "Kondisinya sudah siap. Tapi saya minta dicek ulang supaya tidak ada kendala saat di Palembang," ujar dia.

Mengenai infrastruktur LRT di Palembang, dia juga meminta PT KAI untuk mengecek kondisinya. Menurut dia, fondasi untuk kereta tersebut sangat kecil sehingga ditakutkan akan bermasalah saat digunakan untuk menopang LRT seberat 30 ton.

Senior Manager Secretary Public Relation & CSR PT Inka, Cholik Mochamad Zam Zam, mengatakan dua trainset LRT untuk Palembang sudah selesai dan siap dikirim. Saat ini dua rangkaian LRT itu sudah di-packing dan tinggal menunggu perintah untuk dikirim ke Palembang.

"Ini sudah siap dua trainset LRT. Kita tinggal menunggu perintah untuk dikirim ke Palembang," jelas Cholik.