Bencana Berlalu, Pacitan Dipastikan Aman untuk Berwisata Tahun Baru

Warga berwisata di Pantai Teleng Ria, Pacitan, Jawa Timur, Minggu (19/7/2015). Wisatawan dari berbagai daerah memanfaatkan libur panjang Lebaran 2015 dengan mengunjungi salah satu tujuan wisata andalan di Jawa Timur itu. Sebagian wisatawan yang mendatangi objek wisata Pacitan itu adalah pemudik yang pada hari sebelumnya sibuk bermaaf-maafan dengan sanak kerabat. (JIBI/Solopos/Antara - Siswowidodo)
31 Desember 2017 14:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Satu bulan setelah bencana alam menerjang kini Pacitan dipastikan aman untuk dikunjungi wisatawan.

Madiunpos.com, PACITAN -- Kabupaten Pacitan sudah aman dikunjungi wisatawan pada liburan akhir tahun 2017. Berbagai lokasi wisata seperti pantai dan wisata goa pun siap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Satu bulan lebih setelah bencana alam menerjang wilayah Pacitan. Bencana alam tersebut sempat membuat aktivitas pariwisata di Pacitan tersendat. Salah satu tempat wisata yaitu Pantai Teleng Ria rusak cukup parah dan mengakibatkan penurunan jumlah pengunjung hampir separuh dibandingkan hari biasa.

Komandan Kodim Pacitan, Letkol Kav. Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, mengatakan Pacitan sudah aman untuk dikunjungi dan bisa digunakan untuk berwisata pada perayaan akhir tahun 2017. Seluruh jalan ke Pacitan baik dari arah Trenggalek, Ponorogo, maupun dari arah Solo sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat serta bus. (Baca: http://solopos.com/?p=876088">Pantai Teleng Ria Sepi Pascabanjir, Begini Harapan Sopir Bendi dan Pedagang)

"Jalan sudah normal semua. Kepolisian juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di tempat-tempat wisata," kata Komandan Tanggap Darurat Bencana Alam Pacitan itu saat dihubungi Madiunpos.com, Minggu (31/12/2017).

Aris menyampaikan salah satu tempat wisata yang rusak paling parah pada saat bencana itu terjadi yaitu Pantai Teleng Ria di Kecamatan Pacitan. Sampai saat ini pengelola tempat wisata itu masih memperbaiki berbagai fasilitas yang rusak.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan sejak bencana alam terjadi pada akhir November lalu tingkat kunjungan wisatawan ke Pacitan menurun. Menurut dia, penurunan itu wajar karena pasti ada wisatawan yang takut untuk mengunjungi Pacitan setelah diterjang bencana.

Indartato menyampaikan tingkat kunjungan wisatawan pada akhir tahun yang biasanya membeludak, tahun ini diperkirakan tidak sesuai harapan. Meski demikian tempat wisata di Pacitan saat ini aman untuk dikunjungi wisatawan.

 

Tokopedia