Liburan, Jumlah Penumpang di Terminal Ngawi Naik Siginifikan

Terminal penurunan penumpang di Terminal Kertonegoro, Ngawi, Jawa Timur. (ngawikab.go.id)
28 Desember 2017 11:05 WIB Redaksi Solopos Madiun Share :

Penumpang di Termnal Ngawi melonjak selama masa libur sekolah yang berbarengan dengan Natal.

Madiunpos.com, NGAWI -- Masa liburan anak sekolah yang bertepatan dengan libur Hari Raya Natal 2017 dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian atau mudik ke kampung halaman. Hal itu mengakibatkan jumlah pengguna jasa transportasi umum yakni bus melonjak salah satunya untuk tujuan ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Kepala UPTD Terminal Kertonegoro Ngawi Ali Imron di Ngawi, Rabu (28/12/2017), mengatakan kenaikan jumlah penumpang mulai terlihat sejak 17 Desember 2017 seiring memasuki liburan anak sekolah.

Sesuai data yang ada, jumlah bus yang masuk ke http://solopos.com/?p=865631" target="_blank">Terminal Kertonegoro pada hari biasa mencapai 1.000 unit dengan kisaran penumpang mencapai 1.500 orang.

"Saat liburan Natal dan jelang tahun baru ini jumlah penumpang sudah mencapai 2.000 orang setiap hari dan bus yang masuk mencapai 1.100 unit," ujar Ali Imron kepada wartawan.

Menurut dia, penumpang yang masuk atau turun tersebut didominasi dari sejumlah kota besar, seperti Jakarta dan daerah lain dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sejumlah kota di Jawa Timur.

Penumpang yang naik dari Terminal Ngawi, umumnya adalah para pelajar dan keluarganya yang hendak mengisi liburan dengan tujuan kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Terkait pengamanan, pihak terminal telah bekerja sama dengan Polres Ngawi guna mengantisipasi gangguan keamanan dan tindak kriminalitas selama masa Operasi Lilin 2017 berlangsung.

Salah satu penumpang setempat, Deri Irawan mengaku memanfaatkan liburan panjang ini untuk berkunjung ke rumah saudaranya di Tangerang, Banten. Sejak awal ia dengan keluarganya telah memesan tiket bus jurusan Ngawi-Jakarta.

"Rencana mau liburan tahun baru ke rumah saudara di Tangerang. Dari awal sudah dipersiapkan dengan membeli tiket supaya tidak kehabisan," kata Deri.

Tokopedia