350 Personel dan 1 Anjing Pelacak Disiagakan di Gereja saat Perayaan Natal

Ilustrasi pengamanan Hari Natal (Desi Suryanto/JIBI - Harian Jogja)
21 Desember 2017 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Natal dan Tahun Baru 2018, kegiatan ibadah umat Kristen saat Natal di Kota Madiun dipastikan aman.

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 350 personel dan satu anjing pelacak disiagakan untuk mengamankan perayaan Natal di gereja Kota Madiun. Dipastikan umat Kristen bisa beribadah dengan tenang selama perayaan Natal berlangsung.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Sonny Mahar Budi Adityawan, mengatakan pada Operasi Lilin 2017, Polres Madiun Kota menyiagakan 350 personel. Pada Operasi Lilin fokus pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018.

Sonny menyampaikan saat ini ada 35 gereja yang akan menyelenggarakan misa atau ibadah pada perayaan Natal. "Tapi tidak seluruh gereja itu melaksanakan misa atau ibadah secara bersamaan. Mereka beribadah secara bergiliran," jelas dia kepada wartawan di Mapolres Madiun Kota, Kamis (21/12/2017).

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan terorisme, kata dia, polisi akan melakukan sterilisasi gereja atau tempat ibadah yang akan digunakan untuk misa. Sterilisasi gereja akan dilakukan sebelum pelaksanaan ibadah berlangsung secara manual maupun menggunakan anjing pelacak.

Ada satu ekor anjing pelacak yang disiagakan untuk melakukan sterilisasi gereja dan memastikan tempat ibadah aman dari gangguan keamanan dan terorisme. "Anjing pelacak itu dari Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur," ujar Sonny.

Selama Operasi Lilin 2017 berlangsung, polisi akan membuat satu pos pengamanan dan tiga pos pelayanan. Pos tersebut berada di Alun-alun Kota Madiun, Mall Sun City, dan Plaza Madiun.