Jelang Natal & Tahun Baru, Aston Madiun Bikin Manusia Salju dari Getuk

pengunjung berfoto selfie dengan berlatar belakang giant Snowman di Hotel Aston Madiun, Selasa (12/12/2017). (Abdul Jalil/JIBI - Madiunpos.com)
13 Desember 2017 11:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Kuliner Madiun, sebuah manusia salju berbahan getuk seberat 700 kg ada di Aston Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN -- Hotel Aston Madiun kembali membuat kejutan menjelang Natal dan pengujung tahun 2017. Kali ini hotel yang beralamat di Jl. Mayjend Sungkono No. 41, Nambangan Kidul, Mangu Harjo, Kota Madiun, itu menampilkan manusia salju dengan bahan getuk singkong.

Manusia salju yang terbuat dari getuk itu dinamakan giant snowman. Memiliki tinggi sekitar 170 cm dengan berat sekitar 700 kg. Giant snowman ditempatkan di lobi hotel setempat pada Selasa (12/12/2017) petang.

Beberapa pengunjung mendekati getuk yang dibentuk jadi manusia salju dan kemudian mengabadikannya menggunakan kamera smartphone mereka. Mereka berselfie dengan berlatar belakang boneka salju itu.

Chef Hotel http://solopos.com/?p=843643" target="_blank">Aston Madiun, Subadri, mengatakan bahan utama pembuatan giant snowman ini dari getuk seberat 700 kg. Getuk tersebut diolah dari bahan singkong seberat 700 kg, gula 20 kg, kelapa 15 kg, dan garam 2 kg.

Awalnya singkong dikupas dan kemudian dikukus. Setelah matang singkong kemudian dihaluskan dan dicampur dengan gula dan garam. Adonan yang sudah menjadi getuk kemudian dibentuk menjadi manusia salju itu.

"Singkongnya kami mengambil singkong keju dari Sarangan, Magetan," ujar dia.

Untuk membuat manusia salju dari getuk membutuhkan waktu sekitar 12 jam. Chef Badri mengatakan waktu yang paling lama yaitu untuk proses pengukusan singkong.

Dia mulai memasak getuk ini pada pukul 04.00 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB. Salah satu bagian yang paling susah, menurut Badri yaitu pada bagian membentuk getuk menjadi giant snowman.

General Manager Hotel Aston Madiun, Agus Setyo Purnomo, mengatakan pembuatan manusia salju dari getuk ini merupakan kejutan untuk perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2018. Selain itu, kejutan ini juga menjadi komitmen Aston Madiun yang setiap empat bulan sekali memberikan sebuah kejutan.

"Kami beberapa waktu lalu juga membuat bronis raksasa dari brem, lemper raksasa, dan kali ini getuk berbentuk manusia salju. Dan kami mengangkat makanan lokal Madiun," terang dia.

Tokopedia