Ini Desa-Desa di Pacitan yang Tergenang Banjir

Ilustrasi banjir es (Youtube)
28 November 2017 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Bencana Pacitan, banjir melanda sejumlah desa.

Madiunpos.com, PACITAN -- Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Pacitan sejak Senin (27/11/2017) hingga Selasa (28/11/2017), menyebabkan sejumlah desa di tiga kecamatan di Kabupaten Pacitan kebanjiran.

Ketinggian air banjir yang menggenangi wilayah Pacitan mencapai setengah meter. Puluhan rumah dan sejumlah jalan di Pacitan juga terendam air. Hujan masih terus mengguyur wilayah Pacitan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Ratna Budiono, mengatakan air mulai meluber ke permukiman warga sejak Selasa pukul 02.00 WIB di wilayah perkotaan dan Kebonagung. Banjir di Pacitan disebabkan tingginya debit air hujan dan tanggul di anak sungai yang jebol.

"Ada tanggul yang jebol di sungai kecil di wilayah Kebonagung. Penyebabnya yaitu debit air hujan yang cukup tinggi," ujar dia saat dihubungi, Selasa. (baca: http://solopos.com/?p=872403">Banjir Bandang Terjang Pacitan, 2 Tewas, 2 Hilang)

Dia menyampaikan banjir tidak merata di seluruh wilayah kecamatan Pacitan. Banjir terjadi di beberapa spot atau titik di sejumlah kecamatan. Desa yang mengalami kebanjiran yaitu Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, Desa Tambakrejo, dan Desa Kebonagung di Kecamatan Kebonagung, dan empat desa di Kecamatan Pacitan yaitu Desa Sirnoboyo, Desa Sukoharjo, Desa Kayen, dan Desa Kembang.

Kondisi banjir terjadi di Kecamatan Pacitan dan Kecamatan Kebonagung. Banjir juga menggenangi sejumlah jalan di wilayah Pacitan.

Ratna mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah rumah yang tergenang air. "Kami berencana menggunakan drone untuk mengambil gambar dari ketinggian guna menghitung rumah yang terdampak banjir," ujar dia.

Ketinggian air yang masuk ke dalam rumah dan menggenang di jalan. Untuk ketinggian air mencapai 50 sentimer.