KISAH INSPIRATIF : Salut! Anggota Brimob Madiun Ini Hidupi dan Sekolahkan 64 Anak Asuh

Brigadir Rochmat Tri Marwoto berfoto bersama anak asuh di rumahnya RT 001/RW 001, Dusun Jati, Desa Klagenserut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Selasa (21/11/2017). (Abdul Jalil/JIBI - Madiunpos.com)
21 November 2017 13:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Kisah inspiratif, seorang polisi berpangkat Brigadir di Madiun menerima penghargaan atas karya sosialnya.


Madiunpos.com, MADIUN -- Brigadir Rochmat Tri Marwoto, anggota Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur di Kota Madiun, mendapat penghargaan dari Kapolda Jawa Timur, Selasa (21/11/2017) pagi.

Rochmat mendapat apresiasi atas kepeduliannya terhadap masalah sosial dengan mendidik dan membiayai puluhan anak kurang mampu.


Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin, di rumah Rochmat di RT 001/RW 001, Dusun Jati, Desa Klagenserut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.


Brigadir Rochmat Tri Marwoto mengatakan tidak menyangka mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jatim. Dia mengaku senang sekaligus sedih atas penghargaan yang diterima tersebut. Sebab, dirinya harus bertanggung jawab atas penghargaan yang telah diberikan.


Dia mengatakan saat ini ada 15 anak yang diasuh dan dibiayai pendidikannya. Sedangkan selama sepuluh tahun terakhir, Rochmat telah mendidik dan membiayai 64 anak untuk dijadikan anak asuh.


"Saat ini ada 17 anak yang kami asuh, dua di antaranya merupakan anak kandung saya. Semuanya tinggal di rumah ini," kata dia.


Baca juga:
http://solopos.com/?p=856484" target="_blank">PNS Kota Madiun Ini Sukses Berwirausaha Batik Berkat Motif Pecel
http://solopos.com/?p=814486" target="_blank">Tanaman Porang Sokong Perekonomian Warga Desa Klangon Madiun
http://solopos.com/?p=609198" target="_blank">Ternak Ikan Kutuk, Warga Madiun Jadi Jutawan


Bapak dua anak ini menceritakan kegiatan sosial tersebut telah dilakoninya sejak tahun 2007. Setiap tahun, selalu ada anak baru yang dibawa untuk dijadikan anak asuh.


Selain dijamin biaya hidupnya, anak-anak tersebut juga dijamin pendidikannya yaitu dengan menanggung seluruh biaya sekolah dan uang sakunya. Anak-anak tersebut juga dilatih untuk berwirausaha dan bertanam di kebun durian.


Rochmat mengatakan seluruh  biaya pendidikan dan kebutuhan makan ditanggung menggunakan uang gaji dan penghasilan dari usahanya.


Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin, mengatakan ini sebuah kehormatan bisa hadir untuk memberikan penghargaan kepada anggota Polri yang berprestasi. Kepedulian Brigadir Rochmat Tri Marwoto terhadap kehidupan sosial memang patut diapresiasi.


"Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi saya dan anggota lainnya," ujar dia.


Machfud menuturkan di luar jam dinas, Rochmat memanfaatkan waktunya untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial dengan ikhlas. Rochmat peduli terhadap masyarakat yang tidak mampu tanpa pamrih dan tanpa mengharap imbalan apa pun.


"Ini tentu membawa nama baik kesatuan dan Polri," jelas dia.